Assalamu'alaikum Wr. Wb.. Selamat Datang Di Web-Blog Layanan Informasi R.A. ADIRASA Jumiang

Rabu, 15 Maret 2023

AKREDITASI, SISPENA BAN-PAUD DAN EMIS UNTUK RA

 TAHAPAN - TAHAPAN PROSES AKREDITASI
RAUDHATUL ATHFAL ( RA )


CATATAN : Bagi lembaga yang ingin melakukan proses akreditasi baik yang ingin memperbarui atau juga yang masih proses awal pengajuan akreditasi, yang perlu diperhatikan adalah kelengkapan dan kesesuaian data di aplikasi EMISnya. Kenapa demikian ? karena dari data EMIS lah nantinya akan di sinkronkan dengan data SISPENAnya, jika data EMIS banyak yang kosong atau walaupun terisi datanya tidak sesuai dengan format data SISPENA maka kemungkinan besar data SISPENAnya akan banyak yang kosong sehingga nanti anda akan diperintahkan untuk memperbaiki data EMIS tersebut.

TAHAPAN - TAHAPANNYA :

Untuk penjelasannya saya sertakan sedikit gambar yang dari sispena ya teman-teman biar lebih keren dan ada gambaran deh buat Lembaga yang ingin Akreditasi sekarang, OK.

1. PENDAFTARAN


Pada tahap ini lembaga tidak terlalu sulit prosesnya, Lembaga tinggal login ke SISPENA BAN-PAUD menggunakan username dan password yang sudah terdaftar atau secara default/umum Username dan Password biasanya menggunakan NPSN lembaga masing-masing. Setelah login anda tinggal klik tombol Ajuan Akreditasi di halaman Dasboard

2. PENGISIAN PPA / INPUT PPA


Tahap kedua ini merupakan tahap yang paling panjang dan lama prosesnya teman-teman, jadi perlu tenaga ekstra untuk mengerjakannya buat guru-guru pendidik, tenaga pendidik, kepala dan juga operator. Jangan lupa (PENTING) persiapkan tunjangan Jamu, Susu, dan juga telur buat Operatornya ya hehehe. Saya berkata seperti itu tentu saja punya alasan loh ya.. 
Pada proses ini ada banyak data-data dan berkas yang perlu di persiapkan untuk di upload ya. Ada sekitar 8 Standar kelompok yang perlu di persiapkan nih, tapi sebelum yang 8 itu ada 5 Persyaratan yang perlu proses untuk di upload. Maaf saya tidak akan menjelaskan secara detail untuk cara uploadnya karena kurasa sudah ada keterangan di SISPENAnya.

5 PERSYARATAN SEBELUM MENGISI 8 STANDAR :

1. Surat Permohonan Akreditasi ( Upload )
2. Surat Izin Operasional ( Upload )
3. Jumlah Peserta Didik ( Upload )
4. Sertifikat Kompetensi Pendidik ( Upload )
5. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ( Upload )

KELOMPOK 8 STANDAR YAITU :

1. STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK
    • 1.1 Deteksi Pertumbuhan Anak ( Data berat badan menurut usia, Tinggi badan menurut usia, Berat badan menurut tinggi badan, Lingkar kepala ) ( Upload )
    • 1.2 Deteksi Perkembangan Anak ( Upload )

2. STANDAR ISI
    • 2.1 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ( Upload )
    • 2.2 Acuan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( Upload )
    • 2.3 Layanan Menurut Kelompok Usia ( Upload )
3. STANDAR PROSES
    • 3.1 Perencanaan Pembelajaran ( Upload )
    • 3.2 Supervisi Pembelajaran ( Upload )
    • 3.3.1 Keterlibatan Orang Tua ( Upload )
    • 3.3.2 Contoh Dokumentasi keterlibatan orang tua ( Upload )
4. STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA PENDIDIKAN
    • 4.1 Pendidik ( Upload )
    • 4.2 Tenaga Kependidikan ( Upload )
5. STANDAR SARANA DAN PRASARANA
    • 5.1.1 Sarana (Ketersediaan dokumen daftar inventaris keberadaan sarana bermain pada Emis/Dapodik) ( Upload )
    • 5.1.2 Sarana (Ketersediaan dokumen sarana umum pada Emis/Dapodik) ( Upload )
    • 5.2.1 Prasarana (Ketersediaan data mengenai informasi luas lahan pada Emis/Dapodik) ( Upload )
    • 5.2.2 Prasarana (Ketersediaan data mengenai status lahan pada Emis/Dapodik) ( Upload )
    • 5.2.3 Prasarana (Ketersediaan data prasarana di satuan PAUD pada Emis/Dapodik) ( Upload )
6. STANDAR PENGELOLAAN
    • 6.1 Perencanaan Satuan ( Upload )
    • 6.2 Pengorganisasian ( Upload )
    • 6.3 Pelaksanaan
7. STANDAR PEMBIAYAAN
    • 7.1 Rencana Anggaran ( Upload )
    • 7.2 Administrasi Keuangan ( Upload )
8. STANDAR PENILAIAN
    • 8.1 Penilaian Perkembangan Anak ( Upload )
    • 8.2 Laporan Perkembangan Anak ( Upload )

CATATAN : Dalam proses upload - mengupload ini operator harus pintar-pintarnya mengompres / memperkecil ukuran file agar sesuai dengan ketentuan yang di tetapkan di SISPENA, jika tidak sesuai maka SISPENA menolak teman-teman. Bisa juga kita perlu memanajemen isi didalam datanya supaya tidak terlalu banyak halaman, jika sekiranya tidak terlalu penting ada baiknya jangan di masukkan (dihapus).

3. PENILAIAN PPA


Pada proses ini nanti ada seorang Penilai dari BAN_PT yang akan mengecek di aplikasi SISPENA mulai dari data 5 persyaratan hingga yang 8 Standar yang telah di upload oleh lembaga yang mengajukan akreditasi. Jika pada data yang di upload ada yang dirasa tidak sesuai atau kurang maka akan ada perintah baik berupa catatan atau mungkin bisa juga beruba kontak panggilan dan semacamnya untuk melakukan perbaikan atau perubahan data tersebut, sehingga nanti di upload lagi dan di cek kembali sampai batas Penilain yang di tentukan.

CATATAN : Saran saja sebaiknya lembaga yang bersangkutan harus aktif mengecek di SISPENA BAN-PAUDnya takut ada catatan-catatan /perintah penting dari pihak penilai supaya cepat teratasi mengingat proses ini ada batas waktunya juga, kalau perlu jika punya kontak dari penilai anda harus aktif bertanya yaaa.

4. VISITASI


Proses Visitasi adalah proses yang sangat penting menurut saya, dimana pada proses ini nantinya ada Tim Penilai (Asesor) yang di tugaskan oleh BAN-PT untuk datang langsung ke Lembaga/Sekolah yang telah di tetapkan sebagai sasaran Penilaian akreditasi. Biasanya yang di tugaskan ke Lembaga ini ada 2 orang yang tentunya memiliki peran dan tugas yang berbeda teman-teman. 

CATATAN : Karena tim Asesor ini dalam proses penilaian acuan datanya pada Aplikasi SISPENA, sebaiknya lembaga yang bersangkutan dalam penguploadan datanya benar-benar real dan sesuai kondisi yang ada di lembaga tersebut, sehingga ketika tim Asesor ini menanyakan keberadaan data yang sudah di upload di SISPENA itu sesuai dan tidak terlalu timpang/menyimpang dan membuat tim penilai akan merasa tidak keberatan dalam memberi nilai di SISPENAnya. Yang tak kalah penting juga dokumentasi berupa video dan foto dari awal hingga akhir proses Penilaian dari tim Asesor takutnya nanti di butuhkan oleh tim Asesor, karena pengalaman di lembaga Adirasa ternyata tim penilai juga minta bantuan untuk di dokumentasi proses tersebut bahkan meminta file jika ada yang mendokumentasikan. Sepertinya itu dijadikan sebagai bukti validasi nantinya kepada pihak BAN-PT.

5. VALIDASI DAN VERIFIKASI


Proses validasi dan verifikasi ini tidak berhubungan langsung pada lembaga, lembaga hanya bisa menunggu dan terus memantau di aplikasi SISPENA saja teman-teman. Yang saya pahami di proses ini, sepertinya ada kaitannya antara tim Asesor yang datang ke lembaga pada proses visitasi dengan tim Validasi dan Verifikasinya. Mungkin hanya mengecek di SISPENA saja antara hasil penilaian yang telah di masukkan tim Visitasi dengan bukti yang telah di upload itu saja. Valid tidaknya bukti yang telah di bawa tim visitasi dengan hasil penilaiannya. 

6. PENETAPAN AKREDITASI

Ini merupakan proses akhir dari proses akreditasi yang akan menentukan akan mendapat nilai apa akreditasinya dari lembaga tersebut, apakah Akreditasi A, B atau C. Perlu di ketahui pada proses ini prosesnya lumayan lama menunggu ya teman-teman jadi bersabar saja jangan galau OK. hehehe 😝 sambil nunggu terus saja pantau SISPENAnya ok jangan lupa sambil seruput kopinya ya pak operator wkwkwk. Setelah di tetapkan hasilnya anda juga perlu menunggu hasil Sertifikatnya yang bisa anda download nanti di SISPENA pada menu Sertifikat kalau tidak salah ...

Dah itu saja penjelasan singkat yang saya bisa berikan tentang Akreditasi RA, jika ada yang ingin di tanyakan silahkan tulis di kolom komentar yaaa atau bisa juga langsung datang ke lembaga kami, jangan sungkan-sungkan teman-teman biar tidak sesat di jalan yaaaa.

Saya do'akan bagi teman-teman lembaga yang melakukan akreditasi pada tahun ini mendapatkan nilai dan hasil yang maksimal OK. Sekian terimakasih ...

AKHIRNYA SELESAI JUGA TEMAN - TEMAN 😁

Tidak ada komentar:

Posting Komentar